Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita gangguan fungsi ginjal

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita gangguan fungsi ginjal,- Menurut artikel yang saya baca dari advancemiracledoctor.com telah menjelaskan mengenai beberapa pantangan makanan bagi penderita gangguan fungsi ginjal. lalu apa saja makanan yang dilarang oleh penderita gangguan fungsi ginjal? Berikut ini artikelnya

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita gangguan fungsi ginjal

http://obatgagalginjalkronisuntukanak.blogspot.com/2014/11/makanan-yang-tidak-boleh-dikonsumsi.html


Apa yang akan terjadi bila penderita gagal ginjal kronik mengonsumsi makanan dengan kadar protein yang tinggi, seperti pada daging, ikan, telur dan produk susu? Bila sisa metabolisme protein dalam tubuh yang diukur sebagai ‘blood urea nitrogen’ / BUN, didapatkan pada tingkat yang tinggi dalam darah, akan menyebabkan penderita merasa mual, muntah, kehilangan nafsu makan dan merasa letih.

Lain halnya dengan makanan tinggi kalium seperti pada alpukat, asparagus, buah bit, kacang polong kering, kentang, ubi, labu, tomat, pisang, melon, aprikot, buah-buahan yang dikeringkan/manisan, jeruk sitrun, pepaya, kacang-kacangan, coklat, jus, susu dan yogurt, yang bila tertumpuk dalam tubuh penderita dapat menyebabkan gangguan irama jantung hingga gangguan fatal yaitu henti jantung.

Kegagalan fungsi ginjal menyebabkan kelebihan garam atau natrium sukar dikeluarkan dari dalam tubuh, sehingga penderita sering merasa haus dan terjadi penimbunan cairan dalam tubuh. Beberapa makanan tinggi natrium yang hendaknya dihindari antara lain garam meja, semua bumbu dengan kandungan garam, daging olahan, makanan beku, makanan kaleng, acar, produk susu, keripik dan kacang-kacangan. Perhatikanlah label kandungan makanan saat Anda ingin membeli makanan di supermarket.

Komponen lain yang dapat memperberat kerja ginjal yang telah menurun fungsinya adalah makanan tinggi fosfat yang terdapat dalam produk susu, kacang-kacangan, gandum, kacang polong kering, minuman keras dan coklat. Tingginya kadar fosfat dalam darah pada penderita gagal ginjal kronik dapat mempengaruhi kepadatan tulang, sehingga mudah patah. Oleh karena itu penderita gagal ginjal kronik biasanya mengonsumsi suplemen pengikat fosfat yakni kalsium dan vitamin D.

Dari semua komponen kandungan makanan yang dapat memperberat kerja fungsi ginjal, tentu penderita juga harus memperhatikan asupan kalori, seperti karbohidrat, lemak dan gula dalam jumlah yang seimbang untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh.

Terimakasih telah berkunjung, baca juga artikel sebelumnya mengenai obat gagal ginjal kronis untuk anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar